Tuesday, December 18, 2012

Sop Senerek


Huh.....
Baru tau kalo saya ternyata masih terlalu kuper , Sop Senerek Makanan kesukaan saya sejak saya masih kecil, -baru tau diumur saya yang ke 21-, adalah makanan khas MAGELANG, satu lagi cita rasa khas Magelang yang berbeda dengan yang lain, yang bahkan tak ada di tempat lain.
Merupakan Sop warisan jaman Belanda yang kini menjadi khas Magelang. adaptasi dari masakan khas Belanda, yaitu Snert atau sop kacang polong hijau. Berhubung lidah orang Magelang kurang cocok dengan kacang polong hijau, maka keberadaannya digantikan dengan kacang merah disajikan dengan Tahu dan Tempe, ntah goreng ntah bacem. Pengucapannya juga, lambat laun berubah dari Snert menjadi Senerek. (Sedikit Copy Paste)

Nenek saya, Seingat saya beliaulah yang mengenalkan saya pada Senerek, Nenek saya memang dikenal sebagai seorang yang dengan kehandalan tangannya dapat memikat hati setiap orang lewat hasil masakannya, apapun itu masakannya, "jadi menelan ludah, dan membayangkannya".  

"Teringat seorang teman yang mengajak saya makan sop senerek tapi belum kesampean"

Pasti tak banyak yang tau tentang keberadaan Sop ini, kecuali yang asli Magelang atau yang udah pernah mampir Ke Magelang. Kalo diceritakan pasti ujung-ujungnya hanya menelan ludah, mari saya bantu untuk menemukan dimana sih Sop Senerek yang enak di Kota Magelang :

1. Bu Atmo   Jl. Mangkubumi Magelang (deket Karisidenan, Pom Bensin Cacaban)
2. RM. Pak Parto   Jl. Majapahit 5B
      Jl. Ikhlas 12C Magelang

Ni saya juga bagi picturenya


Mantapkan?? Mak nyuuskan?
Yuk Visit MAGELANG, pasti ga rugi dan ketagihan.. :D


4 comments:

  1. oooh jadi itu yang namanya Sop Senerek
    hmmmm sepertinya gw ga bakalan suka deh karena ada yang ijo-ijo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaaah.. yang ijo dipinggirin dong ah.. dipinggirin dulu.. :D

      Delete
  2. yang ini juga belum pernah nyicip.... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook ke Magelang Mas, nanti ditraktirin deh.. hihihi

      Delete