Saturday, May 10, 2014

Part From Borneo : Samarinda - Kutai Kertanegara

Bentangan Sungai Mahakam

Setelah turun dari taxi ( sebuttan untuk angkot bagi Orang Samarinda ) saya bimbang. Mau melanjutkan ke Pasar Segiri, tapi Kelas Inspirasi Samarinda sudah pasti tinggal penutuppan, sementara jika saya melanjutkan kesana, ke SD Anggur Samarinda badan jelas bau, muka mengkilap keringetten, rambut pendek terkesan gimbal, celana pendek, dan sendal jepit swallow hijau yang pernah naik pesawat terbang, bisa pusing guru-gurunya kalo ternyata muridnya terinspirasi oleh penampilan saya.
Jadi saya memutuskan untuk duduk sebentar, bimbang lagi tapi, antara duduk disamping dua orang gadis SMA atau seorang ibu yang tengah mengandung. Saya putuskan untuk duduk dekat sang Ibu, nggak lama saya langsung aja SKSD,

" Bu, kalo angkuttan ke simpang tiga Loa Janan naek yang mana ya Bu? "
" Hmmm, harus dua kali naek angkot Mas, Mas darisini naek angkot yang warna merah itu dulu, terus setelah nyebrang Jembatan Mahakam baru ganti yang warna hitam " 
" Ooh githu Bu, kalo begitu saya nyebrang dulu Bu, Terima Kasih "

Dogled Hanggadiputra, konco mbeling pas SMA ( teman akrab semasa SMA ). Dia telah sekitar 5 tahun membumi di Samarinda, sejak lulus SMA tepatnya, tahun 2009, bekerja di sebuah perusahaan Batu Bara. Ntah kapan terakhir kali kami bertemu, 3 tahun di SMAN 2 Magelang sekelas dengannya jelas telah banyak membukukan berbagai kenangan. Tatappan matanya masih seperti dulu, tenang.

Friday, May 09, 2014

Gunung Merbabu, Terima Kasih 3142 Mdpl

Sunrise dari Watu Tulis

3142 Mdpl? yuup, tingginya Tiga ribu seratus empat puluh dua meter diatas permukaan laut, apa itu? Sebuah gunung yang bisa disawang dari Kota saya tercinta, Magelang Kota Sejuta Bunga, yaitu Gunung Merbabu.
Berawal dari perkenalan di angkringan Pak Pinul dengan Mas Febriawan aka Embek, seorang Mahasiswa tingkat akhir UPN Yogyakarta yang saat ini sedang berjibaku dengan skripsinya, yang punya impian untuk pakai toga dipuncak Rinjani. Oh iyaa perkenalan ini tidak lepas dari Mas Hari Gendut, yang mencomblangkan saya dengan mas Febriawan, sehingga kami dapat berbagi cerita dan pengalaman sampai melakukan pendakian bersama.
Sebelum keberangkatan menuju Merbabu saya dikenalin nih sama Aak Tomi, Mbak Fika, Mas Abdul, Mas Nanda, dan Mbak Ista. Perjalanan bersama teman-teman baru, yeaaahh pasti seru dan menyenangkan.

Thursday, May 08, 2014

Part From Borneo : Ngebus Banjarmasin - Samarinda - Banjarmasin

Untuk pertama kalinya saya merasakan naik Bus di Pulau Kalimantan ini. Pulau yang berjaya sebagai paru-paru dunia.



Hari itu minggu 4 Mei 2014, bergegas pagi itu menuju Banjarmasin, Ulun dari Kuala Kapuas. Ulun hendak ke Samarinda, guna mengikutti Hari H kelas Inspirasi Samarinda keesokkan harinya. memilih Bus pukul 14.00 WITA dari Banjarmasin, supaya sekitar pukul 08.00 WITA keesokkan harinya bisa tiba di Samarinda, karena waktu tempuh dengan perjalanan darat menelan waktu lebih kurang 18 jam. Namun hasilnya banyak hal yang tak terduga. Tuhan memang Maha Asyik.

Friday, May 02, 2014

Kelas Inspirasi, Berbagi Inspirasi dengan anak Negeri lewat Profesi SDN Sendowo IV (Part2)



Kata @KelasInspirasi " Langkah menjadi panutan. Ujar menjadi pengetahuan. Pengalaman menjadi inspirasi "

Rabu Malam 23 April 2014, kami berduabelas melakukan briefing terakhir di lesehan sebelah timur Alun-alun Lor Yogyakarta, ditemani ronde dan teh hangat. Okee, besok pagi kita ngumpul di kantornya Pak Nanang, di Jalan Timoho, untuk selanjutnya berangkat bareng ke SD Sendowo IV, jam 05.30, tit, telat tinggal.

Pagi 24 April 2014, kami semua berangkat bersama-sama ke SD Sendowo IV, semuanya On Time, bener-bener Indonesia banget, nggak ngaret.
Sekitar jam 07.00 WIB kami telah tiba dengan selamat di SD Sendowo IV Kedungkeris Nglipar Gunung Kidul. Sambutan cuaca yang begitu hangat dan senyum sempurna dari wajah anak-anak SD Sendowo IV benar membuat hati dan jiwa kami bergetar, Perasaan pertama yang muncul dihati saya begitu saya rasakan keajaibbannya.

Kelas Inspirasi, Berbagi Inspirasi dengan anak Negeri lewat Profesi SDN Sendowo IV (Part1)


Tuhan, saya boleh tanya to? Kenapa saya dipertemukan dengan orang-orang seperti mereka?
Engkau juga mengijinkan saya melihat karya dan apa yang mereka perbuat.

Kelas Inspirasi apaan Yon? Apa semacam les githu? trus kita di motivasi, kita dikasih inspirasi? STOP!
Jangan sok tau, kemarin sore ada orang sok tau babak belur dihajar orang sekampung.
Kelas Inspirasi menjadi bagian dari Indonesia Mengajar yang ditelurkan oleh Bapak Anies Baswedan, nah di Kelas Inspirasi, kita yang sudah besar, yang udah punya pekerjaan mapan memperkenalkan apa sih profesi kita, apa sih yang kita kerjakan sehari-hari. Kita diminta menjadi guru dan mengajar di salah satu SD selama satu hari. Benerran menarik, kita di 'paksa' bawa alat peraga, seragam komplit, ataupun yang lainnya, yang mencerminkan bahwa itu adalah diri kita sehari-hari. So, anak-anak SD yang masih polos itu bisa jadi tau kalo diluar sana profesi nggak cuma Dokter dan Pilot masih banyak profesi lain yang nggak kalah hebat. Efeknya jelas luar biasa, anak-anak SD itu pasti makin tinggi ilmunya dengan tau ada apa diluar sana dewasa nanti. Minat? Nih biar lebih jelas >>> kelasinspirasi.org dan blog.kelasinspirasi.org.
Kelas Inspirasi diadakan diseluruh kota di Indonesia, dan saya ikut berpartisipasi di Yogyakarta #KIY2.