Friday, May 02, 2014

Kelas Inspirasi, Berbagi Inspirasi dengan anak Negeri lewat Profesi SDN Sendowo IV (Part1)


Tuhan, saya boleh tanya to? Kenapa saya dipertemukan dengan orang-orang seperti mereka?
Engkau juga mengijinkan saya melihat karya dan apa yang mereka perbuat.

Kelas Inspirasi apaan Yon? Apa semacam les githu? trus kita di motivasi, kita dikasih inspirasi? STOP!
Jangan sok tau, kemarin sore ada orang sok tau babak belur dihajar orang sekampung.
Kelas Inspirasi menjadi bagian dari Indonesia Mengajar yang ditelurkan oleh Bapak Anies Baswedan, nah di Kelas Inspirasi, kita yang sudah besar, yang udah punya pekerjaan mapan memperkenalkan apa sih profesi kita, apa sih yang kita kerjakan sehari-hari. Kita diminta menjadi guru dan mengajar di salah satu SD selama satu hari. Benerran menarik, kita di 'paksa' bawa alat peraga, seragam komplit, ataupun yang lainnya, yang mencerminkan bahwa itu adalah diri kita sehari-hari. So, anak-anak SD yang masih polos itu bisa jadi tau kalo diluar sana profesi nggak cuma Dokter dan Pilot masih banyak profesi lain yang nggak kalah hebat. Efeknya jelas luar biasa, anak-anak SD itu pasti makin tinggi ilmunya dengan tau ada apa diluar sana dewasa nanti. Minat? Nih biar lebih jelas >>> kelasinspirasi.org dan blog.kelasinspirasi.org.
Kelas Inspirasi diadakan diseluruh kota di Indonesia, dan saya ikut berpartisipasi di Yogyakarta #KIY2.



Kami berduabelas, 7 Cowok 5 Cewek, mendapat mandat untuk mengajar di SDN Sendowo IV di Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunung Kidul. Dua belas orang itu juga terdiri dari 7 Pengajar, 4 Dokumentasi dan 1 Fasilitator.
Mari Bung saya kenalin satu per satu personilnya, yang pertama Mas Ari Hendra Lukmana @Arihend,
Beliau sebagai Fasilitator di tim kami, bagian dari kepanitiaan Kelas Inspirasi Yogyakarta. Mas Ari pernah menjadi pengajar muda di Indonesia Mengajar, doi ditempatkan di Serambi Makkah. Banda Aceh, wuussh pasti banyak cerita menarik beliau selama mengajar 1tahun di sana. Profesi sekarang sebagai petani katanya, yang membantu menggerakkan ekonomi masyarakat tempat dia tinggal sekarang.

Ari

Yang kedua adalah Ibu Deassy M Destiani @deassymds, sudah ada yang mengenal Ibu satu ini? Kami memanggilnya Bunda. Yeess bener beliau adalah penulis komik terkenal Crayon Sinchan, eh Bukan Beliau ini adalah seorang penulis Buku bersampul Hitam yang diberinya judul Bukan Untuk Dibaca, saya sih belum pernah membacanya, tapi saya pernah melihat bukunya di Gramedia, Best Seller cuy. Sebenernya pengen minta bukunya, plus tanda tangan dan foto bareng penulisnya, tapi masa anak muda minta? usaha donk, yaa mintakan juga bagian usaha Sob.

Deassy

Selanjutnya adalah Pak Nanang P Martono. Bapak satu ini merupakan seorang konsultan di PNPM Mandiri, beliau juga berperan aktif dalam membangun ekonomi masyarakat kecil di negeri luas ini. Bapak satu ini sering dipindah tugas dari kota satu ke kota yang lainnya, dan tetap dijalani dengan semangat perjoeangan. Sungguh besar besar cita-citanya bagi Indonesia

Nanang

Yang ke Empat Mas Yunazzil Muhlish @mr_yunazz. Kreatif sekali orang ini, Profesinya sebagai Ilustrator, Cara Nggambarnya buuuhh, cepat dan cerdas, Mas Yunaz bisa juga kayaknya desain buat Action figur githu, atau costum costum buat Costplay, bisa juga repainter, waah saya mau donk mas minta tolong dipaintkan, saya punya tuh action figur One Piece dirumah. Karikatur? Pasti Mas Yunaz juga bisa.

Yunaz

Lima, Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. itu Pancasila, ini Inspirator ke Lima Namanya Ibu Puspita Ratri Wulandari @puspitaratriw , seorang analis dan pengajar di Rumah Sains Yogyakarta, Ngajarin anak-anak SD juga tentang tehnik dan praktek berekperimen. Semoga bisa membuat Awan Kinton ya kakak Puspita.

Puspita

Enam Rajin Terampil dan Gembira, hahaha, betul itu Dasa Dharma Pramuka. Inspirator ke enam adalah Bapak Damar Pracoyo @DamarPracoyo, Katanya profesinya jadi pengebor minyak disalah satu perusahaan asing, kerjanya di kepulauan Natuna, ngantor 2 minggu, libur 2 minggu, jangan tanya dia pernah liburan kemana aja, bener-bener bisa muntaber kalo denger jawabannya.

Damar

Tujuh ada Ibu Melly Syandi @mellysyandi, dara, cie dara, kelahiran Padang, yang tahun ini akan melanjutkan sekolah S2nya di UGM, baru aja merasakan atmosfer Jogja. Mutlak terinspirasi dan terobsesi oleh Bapak Menteri BUMN kita Dahlan Iskan, Seorang penyiar radio, pengen jadi Dosen citanya.

Melly

Delapan ada Bapak Azzam Ghozi Ahmad @Zamghozy, seorang Mahasiswa Geografi UGM, punya cara yang unik untuk memotivasi orang lain. Anggota FIM Yogyakarta, dibalik sosoknya yang besar, gagah dan tegas dia sangat menyayangi anak-anak.

Azzam

Yang kesembilan ada Mas Michael Aji Pradipta @masjipeng, Ikut Kelas Inspirasi sebagai Fotografer, Mahasiswa Sosiologi UGM yang sampe sekarang belum lulus.

Aji

Sepuluh, ada Mbak Monica Dian Delina @momonicadian, Alumni Almamater Kuning Universitas Indonesia, sebagai Fotografer juga, bekerja disebuah media di Ibu Kota.

Monica

Sebelas, ada Mbak Euodia Widya Lestari Umbas @euodia13, Mahasiswa Istitut Seni Indonesia Yogyakarta, ikut Kelas Inspirasi sebagai Videografer, The One and Only in this team.

Odia

Yang terakhir saya sendiri, terpilih sebagai fotografer amatir Kelas Inspirasi.

IMAGE CORRUPT

Itulah para anggota team saya, di SDN Sendowo IV Gunung Kidul.
Yes, saya satu team bersama sebelas orang hebat, dan pada tanggal 24 April 2014. ratussan Relawan Kelas Inspirasi yang semuanya hebat, tersebar diseluruh Yogyakarta dan sekitarnya, mereka mengajar sehari disalah satu SD yang ditentukan, Menginspirasi Impian anak-anak SD lewat profesi mereka.

Dan alasan saya mengikutti Kelas Inspirasi ini adalah yaa karena cuma kepengen aja. Saat kita nggak punya apa-apa untuk dibanggakan, hanya impian yang bisa dijadikan tujuan. Mari menginspirasi mimpi anak Negeri.






2 comments:

  1. hai agung.... aku baru baca nih tulisanmu...thanks ya...and aku ambil fotonya....makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil Bund.. ambil.. hahaha
      Terima kasih sudah berkunjung..

      Delete