Friday, May 02, 2014

Kelas Inspirasi, Berbagi Inspirasi dengan anak Negeri lewat Profesi SDN Sendowo IV (Part2)



Kata @KelasInspirasi " Langkah menjadi panutan. Ujar menjadi pengetahuan. Pengalaman menjadi inspirasi "

Rabu Malam 23 April 2014, kami berduabelas melakukan briefing terakhir di lesehan sebelah timur Alun-alun Lor Yogyakarta, ditemani ronde dan teh hangat. Okee, besok pagi kita ngumpul di kantornya Pak Nanang, di Jalan Timoho, untuk selanjutnya berangkat bareng ke SD Sendowo IV, jam 05.30, tit, telat tinggal.

Pagi 24 April 2014, kami semua berangkat bersama-sama ke SD Sendowo IV, semuanya On Time, bener-bener Indonesia banget, nggak ngaret.
Sekitar jam 07.00 WIB kami telah tiba dengan selamat di SD Sendowo IV Kedungkeris Nglipar Gunung Kidul. Sambutan cuaca yang begitu hangat dan senyum sempurna dari wajah anak-anak SD Sendowo IV benar membuat hati dan jiwa kami bergetar, Perasaan pertama yang muncul dihati saya begitu saya rasakan keajaibbannya.












Sembari Bapak-Ibu guru SD Sendowo IV memimpin anak-anaknya untuk berbaris, kami para Inspirator melakukan doa bersama, memperlihatkan semangat terbaik kita kepada sesama teman Inspirator.
Dan Kamis 24 April 2014 teman-teman inspirator full mengajar seharian, mereka bergantian ngajar kelas satu sampai kelas enam, nggak bisa dibayangin eh rasanya.
Setelah menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kami semua berkenalan, supaya tidak canggung, saya jadi ingat dulu waktu SD kalo pagi sebelum masuk kelas, saya pasti jajan biting ajaib sambil maen betengan, manis sekali kenangan itu.

Potret dari @MasJipeng



Perasaan luar biasa masih ada sampai saya memasukki salah satu kelas di SD Sendowo IV, perasaan itu berubah sendu, jumlah meja dan kursi pas untuk semua murid di kelas itu, tak ada meja dan kursi yang kosong. Hanya ada 5 orang murid dikelas itu. Kelas itu adalah kelas VI SD Sendowo IV.



Sementara para Inspirator mengajar dengan sabar anak-anak yang penuh rasa ingin tahu itu, saya dan 3 teman lainnya yang menjadi dokumentator terus berjalan berkeliling, menangkap moment-moment nakal, lucu, urakan, moment antusias mereka, benar-benar berwarna kisah celoteh mereka. Saya merasa mereka benar-benar jujur terhadap apa yang mereka lihat. Kata Pak Anies Baswedan, diperhatikan kalo menarik, dicuekkin kalo tidak menarik. Saya terbawa oleh alunan lugu mereka.

Kami para dokumentator juga diwajibkan untuk 'membingkai' fasilitas dan apa saja yang menarik yang ada di tiap SD yang menyelenggarakan Kelas Inspirasi.
Jauh sekali dari rasa puas, tapi saya bisa tersenyum karena mereka bahagia dengan kesederhanaan mereka, murid dikelas 1, jumlahnya 10 orang, sementara mungkin di SD lain jumlah satu kelasnya mencapai 30 siswa, pie perasaanmu?
Ruang kelas tanpa ternit, Tanpa kantin, hanya ada seorang ibu yang berjuallan di depan gerbang SD, WC, UKS dan Perpustakaan yang jauh dari kata pantas, hanya lorong yang jadi parkiran untuk sepeda mereka.
Mereka mengalir begitu saja, tanpa Handphone dikantong mereka, dengan sepeda mereka, dengan kelereng di waktu istirahat, juga dengan senyum mereka yang dihiassi gigi geriwing. Ahh aku iri, kenapa mereka bisa sebahagia itu??
Kertas yang semula berwarna putih lalu digambar lalu diwarna crayon lalu ditempel ditembok yang bisa mereka pandangi setiap harinya, saya tau mereka bangga dengan hasil karyanya itu.



Potret dari @MasJipeng





Para Inspirator mengajar dengan cara mereka masing-masing, unik abis. Memberi contoh yang benar benar riil, contoh Mbak Puspita memakai seragam labnya, lengkap dengan alat peraga dan percobaan sainsnya. Inspirator menceritakan dan mengajarkan banyak hal, pengalamannya, pencapaiannya, bener-bener mengesankan.  Mereka anak-anak SD Sendowo IV benar-benar antusias mengikutti hari ini.
Suatu saat saya juga harus jadi Inspirator.














Puji Tuhan, kesan dari Bapak dan Ibu guru sangat positif dan bahkan usul kalo Kelas Inspirasi lebih sering diadakan. Diakhir kelas semua murid dikumpulkan di lapangan, kami meminta mereka untuk membuat pesawat-pesawattan dari kertas yang di pesawat itu dituliskan impian mereka masing-masing. Para Inspirator mengajarkan gerakan-gerakan penyemangat sebelum pesawat-pesawat itu kami terbangkan bersama-sama.
Freak! Epic! Moment yang luar biasa. Mereka menerbangkan pesawat sambil berteriak. Pesawat-pesawat itupun terbang tinggi, mereka titipkan impian mereka dipesawat-pesawat itu, harapan saya semoga mereka bisa membaca lagi tulisan yang mereka tuliskan dipesawat itu saat mereka telah menjadi apa yang mereka tuliskan dipesawat itu.
Impian harus tetap menyala dengan apapun yang kita miliki, meskipun yang kita miliki itu rusak, meskipun yang kita miliki itu retak-retak
Mari Bangun Mimpi Anak Negeri..















Banyak hal yang mereka dapat dari kami, tetapi lebih banyak hal yang kami dapat dari mereka.




Kami adalah masa depan, kami bunga yangkan bersemi, menebar wangi, memberi arti bagi Pertiwi.


Kelas Inspirasi Yogyakarta 2 #KIY2 Bonus ketemu langsung ma Bapak Anies Baswedan

Bapak Anies Baswedan KIY2
Kelas Inspirasi Yoyakarta 2, Inspirator
Potret dari @MasJipeng

Kelas Inspirasi Yogyakarta 2, Dokumentator

Here we are, SD Sendowo IV Team 

SD Sendowo IV Team
Potret dari @Euodia13

Cerita Lain tentang Kelas Inspirasi Yogyakarta 2 SDn Sendowo IV >>> Ceritanya Mbak Melly

4 comments:

  1. Salut deh ama kegiatan kelas inspirasi atau sejenis nya tp mudah2an ini murni buat memajukan pendidikan indonesia bukan sekedar pencitraan untuk di pilih ke ______

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2014.. hahaha..
      Sebenernya sih kegiatan ini muncul sebelum Pak Anies nyalon juga.. aahh tapi yang namanya Politik..
      Tapi kita tetep harus dukung orang baik Mas.. :D

      Delete
  2. Keren banget kegiatan seperti ini, saling berbagi pengetahuan dan belajar bersama anak-anak :) semoga pendidikan di Indonesia semakin maju

    ReplyDelete
  3. mudah2an ini murni buat memajukan pendidikan indonesia bukan sekedar pencitraan untuk di pilih ..hehe

    ReplyDelete